Tips atasi keputihan dengan tanaman pacar air
Tips atasi keputihan dengan tanaman pacar air. Tahukan teman teman dengan manfaat dan kandungan pacar air? Jika belum, simaklah penjelasan berikut ini. Pacar air (Impatiens balsamina L.) adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu.
Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.

Tanaman ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukannya. Walau demikian tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan yang kering. Berbagai bagian tanaman juga digunakan sebagai obat tradisional.

Nama Lokal :

Sumatera: Lahine, paruinai, Jawa : pacar cai, pacar banyu; kimhong (Jakarta); Nusa Tenggara: pacar foya, pacar aik; Sulawesi: Tilang-gele duluku, kolendingi unggaagu.

Uraian :
Merupakan terna berbatang basah, bercabang, dengan daun tunggal, bentuk lanset memanjang pinggir bergerigi warna hijau muda tanpa daunpenumpu. Bunga berwarna cerah, ada beberapa macam warna, seperti merah, oranye, ungu, putih. Buahnya buah kendaga, bila masak akan membuka menjadi 5 bagian yang terpilin. Biasanya ditanam sebagai tanaman hias dengan tinggi 30 - 80 cm.

Khasiat untuk kesehatan untuk mengobati sakit:

Daun : Obat keputihan, peluru haid, kanker saluran pencernaan bagian atas
Biji : Peluruh haid, mempermudah persalinan, kanker saluran pencernaan bagian atas.
Bunga : Peluruh haid, pembengkakan akibatterpukul, rematik sendi, bisul, gigitan ular, radang kulit.
Akar : Peluruh haid, anti-inflamasi (anti flogistik = anti radang), rematik, tertusuk tulang /benda asing di kerongkongan.

Komposisi

Kandungan kimia bunga : anthocyanins, cyanidin, delphinidin, pelargonidin, malvidin, kaempherol, quercetin. Akar : cyanidin mono-glycoside.

Tips atasi keputihan dengan tanaman pacar air

Tanaman pacar air biasa digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan, dan dibalik semua itu tanaman pacar air sangat ampuh untuk dijadikan bahan obat keputihan, berikut tips resep obat keputihan dari pacar air. Caranya, ambil 30-60 gram daun pacar air segar, kemudian direbus dan air rebusannya digunakan untuk membasuh daerah kemaluan.

Demikianlah penjelasan manfaat pacar air sebagai salah satu tips untik mengobati keputihan. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar